SUE / Sial main Saham

Banyak orang yg ditawarkan untuk berinvestasi di pasar modal selalu ogah dan malas, padahal kalau ditilik dari return yg diberikan oleh pasar modal selalu lebih tinggi dan lebih cepat daripada instrumen perbankan yg katanya lebih aman ( itupun dengan catatan banknya tidak tutup spt 1998 ), kebanyakan selalu berargumen saya selalu SUE/Sial, pdhal diawal2 mereka trading saya yakin selalu mereka sering profit, tetapi diakhir2 barulah mereka menumpuk barang dan sering melakukan cut loss.. Sebenarnya ada begitu banyak saham yg beredar di bursa dan setiap market naik/turun pasti ada saham yg berlawanan, jadi mestinya di segala posisi, bursa saham kita memberikan keuntungan, hanya pandai2nya kita saja dan konsisten didalam melakukan aksi beli dan jual, Berikut saya berikan sedikit gambaran bagi anda sebagai bahan perenungan.. :

S

Strategi, anda perlu menentukan dahulu analisa apa yg akan anda pakai : teknikal, fundamental, demand-supply sebagai dasar bagi anda dalam mengambil keputusan investasi.. Masalah berikutnya ada sehubungan dengan waktu investasi anda, apakah anda akan bermain harian, beberapa hari, atau sesuai target harga yg telah anda tentukan.. Yg perlu didalam suatu strategi adalah konsistensi & komitmen anda untuk menetapkan rule yg telah anda tentukan.. Sebaiknya trading yg anda lakukan adalah kombinasi sesuai arah market.. Karena kalo investasi nanti takutnya kelamaan, sedangkan kalo sering trading takutnya sering kalah..

Frekuensi dan Nilai profit yg harus anda asah terus..

U Uang, bermain saham tanpa uang sama dengan resiko besar.. Anda perlu menerapkan money management agar uang anda tidak menyusut.. Warren Buffet pun menekankan “JANGAN SAMPAI MODAL ANDA MENYUSUT” karena itu mempengaruhi potensi keuntungan.. Mr. Warren lebih menyukai keuntungan yg pasti dan flat daripada keuntungan yg signifikan tapi tidak pasti..
E Emosi, inilah yg paling sulit dilakukan dan yg menyebabkan banyak pemain saham berguguran.. Di dalam bermain saham emosi harus ditekan terus, karena jika dia lebih dominan, maka strategi dan uang akan terlewatkan yg mengakibatkan kita mengalami kerugian yg tidak terkontrol.. Jika kita melakukan salah beli, maka kita harus mengakuinya dengan mulai mencari harga cut loss, demikian pula sebaliknya jika kita menang JANGAN SERAKAH, anda harus menerapakan TRAILING STOP ( akan kita bahas ditopik yg lain ), sehingga tidak menyebabkan potensi profit besar anda malah berbalik menjadi kerugian..

Jika ketiga hal ini dapat anda terapkan dimarket, minimal anda masih berstatus trader ataupun investor di bursa kita.. Saya sering menemukan rekan2 ataupun investor yg tidak mengerti banyak mengenai saham, tapi mereka tetap exist dan mampu terus membukukan profit yg konsisten, karena mereka menjalankan 2 kategori diatas, yaitu U dan E.. Sedangkan rekan2 saya sesama analis saya lihat sering mengalami kekalahan, karena mereka konsisten akan target harga mereka sehingga mereka melupakan kedua unsur tadi, yg akhirnya tidak memiliki modal lagi untuk bertarung..

Ingat petuah WARREN BUFFET : KEUNTUNGAN BISA DICARI, TAPI YG PENTING MODAL TIDAK MENYUSUT..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>