Rule of Margin

Banyaknya investor yg minim pengetahuan akan margin account akan membuat investasi mereka menyusut, karena pengertian margin yg mungkin dianggap mereka adalah setor 200 jt saya bisa memakai 200-600 jt, memang ini adalah fasilitas margin, tapi yg tidak sering direnungkan oleh mereka adalah bunganya dan waktu terus berjalan, jadi seandainya mereka menyimpan saham baik menang maupun kalah tapi jika terus disimpan nanti hasil akhirnya adalah kalo tidak keuntungannya kian menipis adalah kerugian yg lumayan dalam..

Inti dari permainan Margin adalah :

1. Volume beli anda bisa maksimal, dalam artian seperti diatas, biasa anda maen 100 lot sekarang bisa menjadi 200-300 lot..

2. Timeless, permainan margin adalah timeless, jika anda beli suatu saham tentukan dulu posisi anda mau profit dan loss seberapa besar dan dalam waktu yg sudah anda gariskan.. Memang yang paling sulit adalah menentukan waktunya, tapi saran saya sebaiknya 3 hari s/d 2 minggu, setelah itu anda mulai tentukan level exit anda..

Konsistensiadalah kunci terpenting kita dalam melakukan trading, apalagi margin, karena jangan lupa begitu anda HOLD posisi yg salah maka anda akan menerima kekalahan yg berlipat, karena ingat dana yg dipakai adalah sebagai besar adalah milik broker ditambah anda akan dikenakan pinalti bunga..

Kita ambil contoh misalkan bp. X memegang suatu saham yg dalam kondisi turun sehingga mengakibatkan margin rationya meningkat menjadi misalkan 80%, padahal syarat dari broker tersebut adalah 75%, maka ada 2 hal yg bisa dilakukan oleh investor tersebut, yg pertama setor dana lagi supaya rasionya turun dibawah 75% atau memindahkan saham dari account lain, ataupun melakukan penjualan untuk saham-saham yg bobotnya kecil.. Hal ini dapat membuat investor tersebut aman untuk saat ini, tapi bagaimana jika esok harinya saham tersebut turun signifikan misalkan 8%, tentu ratio anda akan membengkak lagi, atau saham tersebut autoreject ke bawah atau saham tersebut di keluarkan dari daftar margin.. Kekalahan anda akan berlipat tentunya, setelah anda jualpun anda masih terkena perhitungan bunga margin, belum lagi kalo dana rekening margin anda dibawah minimal yg ditentukan..

Tapi jika anda bermain secara konsisten dan timeless, kekalahan anda akan minimal, anda juga mungkin bisa terhindar dari dikeluarkannnya saham tersebut dari list margin, bunga yg anda bayar juga ringan, anda tinggal menunggu kesempatan yg baik lagi untuk masuk kembali..

Salam investasi,

bambang muliyadi