Musuh / Teman

Di dalam investasi saham anda sebaiknya mencari banyak MUSUH ketimbang mencari TEMAN.. Musuh dalam artian positif akan memberikan anda alternatif pilihan porto folio ketimbang teman..

Kita ambil contoh misalkan anda membeli saham X di harga 5000 kemudian saham tersebut turun drastis, dan begitu anda tanya ke teman2 anda ternyata mereka punya semua.. Hahaha anda akan tertawa bareng bukan, waduh kita ditipu nih, yg kemudian akan kita julukin SAHAM SEJUTA UMAT bukan, dan jika kemampuan teman anda ternyata hebat disaham, semakin menambah celaka anda, karena akan bergantung padanya untuk aksi yg dilakukan, jika dia tidak jual anda tidak jual, karena terkadang kita berasumsi, wah rugi bareng nih, dan malah gedean dia nih ruginya.. Ini jelas persepsi yg salah bukan..

Dan jika ternyata sahamnya naik tinggi dan anda tanya teman2 anda ternyata
pada punya, itu akan membuat anda terkadang membandingkan dia memiliki seberapa besar dan jika besaran dia terkadang kita melakukan average BUY secara diam2 pula lagi terkadang.. TAPI jika anda memiliki MUSUH..

Seandainya saham itu turun, anda yg akan berpikir, wah saya salah beli merk
nih, dan anda mulai mempertimbangkan exit point bagi saham anda dan switching ke
saham2 yg menarik menurut opini anda dari musuh2 anda bukan beserta pendapat
masing2 dari yg anda tanyakan.. Nah jelas pada saat ini anda TEMAN bukan.. ingat
rule dari opini ini anda yg harus memegang kendali akan exit point bagi saham
anda..

Jadi carilah MUSUH sebanyak-banyaknya, bukan TEMAN..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>