Apa itu “Value Investor”

publish on 18:30
#YKBI, Yuk Kita Belajar Investasi

Bertukar pendapat dengan saudara Ryan Filbert (@ryanfilbert) dan saudara Api Perdana (@ngaturduit) inilah komentar KAFEIN edisi sabtu/minggu di twitter ::

#YKBI (1) Apa itu “value investor” ? ini adalah tipikal investor yang selalu mencari nilai2 tersembunyi (yg disembunyikan) oleh emiten. [diperkenalkan oleh bp. Investasi Modern : Benjamin Graham, dan dipopulerkan oleh Warren Buffett]

#YKBI (2) Apa jenis investor ini ? Ini adalah tipe investor horizon long. Investor dengan tipe investasi jangka panjang, sehingga walau memiliki TARGET HARGA ataupun tak peduli dengan kenaikannya selama saham ini masih terus bertumbuh, investor ini mungkin juga akan bertahan hingga harganya mencapai harga yg dinginkannya.

#YKBI (3) Lalu tipe perusahaan apa yg diincarnya ? perusahaan dgn Laporan K euangan yang positif, dengan EPS yg bertumbuh dr thn ke thn.

#YKBI (4) Kalo perusahaan ini memiliki Laporan Keuangan Negatif, kemudian positif, maka masih perlu dibuktikan pada tahun berikutnya alias tahun ketiga, apakah saham ini kembali bertumbuh, atau malah kembali menjadi negatif.

#YKBI (5) walau EPS (earning per shares) menjadi target utama yg dicermati, tetapi pertumbuhan aset lancar dan kredit lancar juga akan dicermati. Jangan -jangan nanti pertumbuhan EPS nya dari penjualan anak usaha ataupun dari selisih kurs, yg mana berarti bukan bertumbuh dari penjualan.

#YKBI (6) dan clue yg terakhir adalah ROA (Return on Aset) serta ROE (Return on Equity) yg kecil, karena kan belum banyak yg liat dan tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>